Kamis, 09 Januari 2014

Internet & Sejarahnya

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Di era sekarang ini Internet memang sudah menjadi kebutuhan manusia. Internet atau Interconected Network memang tak bisa lepas dari kehidupan manusia modern sekarang ini, karena Internet telah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Internet merupakan ibarat perpustakaan besar yang didalamnya terdapat milyaran informasi yang berupa text, audio, grapich, maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Internet juga dapat dikunjungi oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Internet juga merupakan sarana komunikasi yang sangat efisien, baik informasi jarak jauh maupun dilingkungan perkantoran.


Sejarah Internet

Apapun jenis teknologi yang ada saat ini pasti memiliki sejarah, begitu juga dengan Internet. Pada awalnya Internet diciptakan untuk keperluan militer (perang dingin tahun 1969) yang saat itu Departemen Pertahanan USA semata yang membutuhkan sebuah sistem jaringan untuk menghubungkan komputer-komputer didaerah vital untuk mengatasi serangan nuklir.

USA menciptakan Internet sebagai jaringan komunikasi antar komputer yang digunakan saat itu untuk menghadap berbagai macam serangan dari negara tetangganya yaitu Rusia yang pada saat itu terjadi perang dingin antar negara adidaya yang masing-masing ingin saling uji teknologi yang mereka punya. Pada tahin 1972 Internet diperkenalkan pada dunia pendidikan yang ditujukan untuk non-militer dan menyatukan beberapa universitas negara Amerika sehingga terbentuk jaringan terpadu. Pada tahun 1973 gabungan desainer memisahkan jaringan kedalam sebuah proyek yang disebut "Internetting Problem".

Di awal tahun 1980-an komputer pribadi (PC) mulai mewabah dan menjadi bagian dari kehidupan manusia dan di tahun 1982 istilah "internet" mulai digunakan sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai digunakan sehinggan mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti host tersebut.  Di tahun 1986 diperkenalkan nama sistem domain atau domain name system yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian alamat di jaringan komputer.

Tahun 1990 bisa dibilang sebagai tahun paling bersejarah didunia Internet. Hal ini disebabkan oleh program editor dan browser ditemukan oleh Tim Berners Lee. Program tersebut bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut dengan www atau World Wide Web. Ditahun 1992 komputer yang terhubung membuat jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan ditahun ini pula muncul istilah surfing the internet.


Dan ditahun 1994 situs internet telah tumbuh menjadi 300 alamat halaman. Dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di Internet dan pada tahun yang sama Yahoo! didirikan hal ini membuat dunia berubah dengan berkembangnya Internet.

Itulah sedikit mengenai Internet & sejarahnya, semoga dengan kita mengetahui sejarah dari Internet, kita bisa semakin pandai dalam menggunakan Internet serta dapat menghargai dan memanfaatkan setiap perkembangannya dengan sebaik mungkin.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb...

Tidak ada komentar:

Copyright © 2011 SedekahYuk

Template N2y Shadow By Nano Yulianto