Kamis, 09 Januari 2014

KOTA DEPOK

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Dikesempatan ini saya akan membuat postingan tentang Kota kelahiran saya Depok Jawa Barat. Jika dipikir-pikir kita perlu juga mengetahui bagaimana tentang seluk beluk Kota asal kita untuk menimbulkan rasa cinta dan bertujuan dapat membantu kemajuan Kota asal kita.


Kota ini menjadi Kota tempat dimana saya tinggal, saya lahir, menuntut ilmu dari Madrasah hingga saat ini menuntut ilmu di LP3I kampus Depok. Dikota ini pula saya menemukan pengalaman, sahabat dan orang-orang yang sangat luar biasa.

Kota Depok adalah sebuah Kota di Provinsi Jawa Barat yang terletak tepat di selatan Ibu Kota Jakarta yakni antara Jakarta dan Bogor. Dahulu Kota Depok hanyalah kota kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor hingga pada tahun 1982 baru lah Kota Depok mendapat status Kota Administratif dan sejak 20 April 1999 Kota Depok ditetapkan sebagai Kotamadya yang terpisah dari Kabupaten Bogor. Kota Depok terdiri dari 11 Kecamatan yang dibagi menjadi 63 Kelurahan.

Bisa dibilang Kota Depok menjadi kota penyangga Jakarta. Hal ini dibuktikan pada tahun 1999 penduduknya mencapai 1,2 Juta Orang. Di Kota ini juga terdapat kantor pemerintahan, tempat perbelanjaan, rumah sakit, tempat wisata, sekolah, hingga Universitas Indonesia terletak di Kota ini.
PETA KOTA DEPOK
Salah satu icon Kota Depok yang perlu dibanggakan warganya ialah Masjid Dian al-Mahri yang terletak di kecamatan Limo Depok. Karena semenjak masjid ini berdiri Kota Depok semakin banyak menjadi tujuan wisata turis lokal yang mengagumi masjid mewah ini yang kubahnya terbuat dari lapisan emas asli.


Kota Depok selain sebagai kota otonom yang berbatasan langsung dengan Jakarta juga merupakan wilayah penyangga Ibu Kota Negara yang diarahkan untuk kota pemukiman, pendidikan, pusat perdagangan dan jasa, kota pariwisata, dan bahkan kota resapan air.


Pemekaran Kecamatan di Kota Depok dari 6 (enam) menjadi 11 (sebelas) kecamatan merupakan implementasi dari Perda Kota Depok Nomor 08 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kecamatan di Kota Depok, yang diharapkan akan berdampak positif bagi masyarakat.
Adapun nama kecamatan hasil pemekaran berdasarkan Perda Kota Depok Nomor 08 Tahun 2007 tersebut adalah:
  1. Kecamatan Beji
  2. Kecamatan Pancoran Mas
  3. Kecamatan Cipayung
  4. Kecamatan Sukmajaya
  5. Kecamatan Cilodong
  6. Kecamatan Limo
  7. Kecamatan Cinere
  8. Kecamatan Tapos
  9. Kecamatan Cimanggis
  10. Kecamatan Sawangan
  11. Kecamatan Bojongsari
Itulah sedikit dari sekian banyak informasi mengenai Kota Depok. Bagi pembaca yang belum pernah berkunjung ke kota ini sempatkanlah untuk berkunjung, untuk merasakan keindahan wisata dan keramah tamahan warganya . 
Sekian dan semoga artikel singkat ini bermanfaat. Terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Copyright © 2011 SedekahYuk

Template N2y Shadow By Nano Yulianto