Kamis, 09 Januari 2014

Jalan Margonda Raya

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Jl. Margonda Raya
Bila Anda berkunjung ke Kota Depok Jalan Margonda Raya lah yang siap menyambut Anda. Di jalan ini pintu utama Kota Depok berada. Di jalan ini pula bisa dibilang pusat aktivitas warga Depok berada, bagaimana tidak, mulai dari sekolah, kantor Walikota, kantor polisi, pusat perbelanjaan sampai Universitas beralamat dijalan ini. Pusat perbelanjaan atau mall saja terdapat kurang lebih 5 gedung. Jalan Margonda inilah yang menjadi gerbang utama memasuki kota yang dikenal dengan buah belimbingnya.

Seperti nama daerah lain yang mempunyai sejarah, Margonda juga mempunyai sejarah yang juga tak kalah menariknya. Sejarah ini bermula disaat peralihan kekuasaan dari penjajah Belanda ke Jepang. Menurut penulis buku "Gedoran Depok", Wenri Wanhar Margonda adalah nama seorang pemuda yang belajar analisis kimia dari balai Penyelidikan Kimia Bogor yang bermula bernama Analysten Cursus yang didirikan sejak permulaan perang dunia pertama oleh indonesiche, Chemische Vereniging milik Belanda. Singkat cerita Margonda adalah nama tokoh legendaris setempat yang berjasa pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.


Margonda Raya Depan Detos dan Margo City
Jalan margonda juga menjadi jalan yang mempunyai koridor strategis sekaligus aglomerasi pusat bisnis dan pemerintahan. Hal ini ditandai dengan adanya pembanguna fisik disetiap jengkal lahan margonda. Di jalan Margonda juga dipenuhi dengan deretan ruko, toko dan pusat perbelanjaan berskala besar. Setidaknya ada 5 pusat perbelanjaan berskala besar yang jaraknya berdekatan, yaitu Margo City Mall, Depok Town Square, Depok Mall, Depok Plaza, dan ITC Depok.

Belum lagi hunian komersil berupa apartment yang saat ini sedang marak dibangun di Jalan Margonda yang membuat Jalan Margonda semakin padat sehingga tidak dapat lagi menampung pengembangan baru. Bahkan pengamat perkotaan Marco Kusumawijaya berpendapat bahwa Jalan Margonda ialah jalur tersibuk dan terpadat di Kota Depok yang dijuluki sebagai pusat kerumitan yang berpotensi menimbulkan frustasi ekonomi dan sosial. Waw. .begitu pesatnya kemajuan Jalan Margonda sehingga mendapat julukan sebagai pusat kerumitan.

Semoga dengan artikel ini kita dapat pengetahuan yang lebih serta dapat lebih menghargai dan menjaga Kota yang kita cintai, salah satunya di wilayah Margonda Raya Depok.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb
 


Tidak ada komentar:

Copyright © 2011 SedekahYuk

Template N2y Shadow By Nano Yulianto